Senin, 04 November 2013

Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD



MODUL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

KELAS                                               : 1
SEMESTER                                        : 1
Standard Kompetensi                         : Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang
  dilisankan
Kompetensi Dasar                               : Menyebutkan tokoh dalam cerita
Sintaks / Skenario Pembelajaran     :
Tahap
Pendidik
Peserta Didik
Tahap 1
Observasi untuk menemukan masalah
Guru menyajikan kejadian-kejadian atau fenomena-fenomena yang memungkinkan siswa menemukan masalah
Siswa diajak mencari kejadian-kejadian atau fenomena-fenomena yang memungkinkan siswa menemukan masalah
Tahap 2
Merumuskan masalah
Guru membimbing siswa merumuskan masalah berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikan
siswa merumuskan masalah berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikan
Tahap 3
Pemberian tes/kuis
Guru memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara individual sehingga akan diperoleh skor awal.
Siswa menjawab tes/kuis
Tahap 4
Pengelompokan
Guru membentuk beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda (tinggi, sedang dan rendah).
Jika mungkin anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta kesetaraan jender.
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan yang sudah di kelompokkan oleh guru
Tahap 5
Diskusi
Materi yang telah dipersiapkan didiskusikan dalam kelompok  Selama siswa bekerja, guru membimbing dan memfasilitasi.

Materi yang telah dipersiapkan didiskusikan dalam kelompok   
Tahap 6
Melakukan pengamatan dan pengumpulan data
Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data.
Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data.
Tahap 7
Analisis Data
Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan sesuatu konsep.
Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan sesuatu konsep.
Tahap 8
Penarikan kesimpulan
Guru membimbing siswa mengambil kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan.
Tahap 8
Penarikan kesimpulan





MODUL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

KELAS                                               : 1
SEMESTER                                        : 1
Standard Kompetensi                         : Membaca kalimat sederhana
Kompetensi Dasar                               : 3.1 Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat dengan lafal yang tepat.
Sintaks / Skenario Pembelajaran     :
Tahap
Pendidik
Peserta Didik
Tahap 1
Observasi dalam menemukan masalah
Guru menyajikan kejadian-kejadian atau fenomena-fenomena yang mengarahkan siswa dalam menemukan masalah
Siswa diajak mencari kejadian-kejadian atau fenomena-fenomena yang mengarahkan siswa dalam menemukan masalah
Tahap 2
Merumuskan masalah
Guru membimbing siswa merumuskan masalah berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikan
siswa merumuskan masalah berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikan
Tahap 3
Pemberian tes/kuis
Guru memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara individual sehingga akan diperoleh skor awal.
Siswa menjawab tes/kuis
Tahap 4
Pengelompokan
Guru membentuk beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 – 5 siswa
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan yang sudah di kelompokkan oleh guru
Tahap 5
Diskusi
Materi yang telah dipersiapkan didiskusikan dalam kelompok  Selama siswa bekerja, guru membimbing dan memfasilitasi.
Materi yang telah dipersiapkan didiskusikan dalam kelompok   
Tahap 6
Melakukan pengamatan dan pengumpulan data
Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data.
Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data.
Tahap 7
Analisis Data
Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan sesuatu konsep.
Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan sesuatu konsep.
Tahap 8
Penarikan kesimpulan
Guru membimbing siswa mengambil kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan.
Tahap 8
Penarikan kesimpulan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar