MODUL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
KELAS :
1
SEMESTER : 1
Standard
Kompetensi : Memahami bunyi bahasa, perintah, dan
dongeng yang
dilisankan
Kompetensi Dasar : Menyebutkan tokoh dalam cerita
Sintaks / Skenario Pembelajaran :
Tahap
|
Pendidik
|
Peserta
Didik
|
Tahap 1
Observasi untuk menemukan masalah
|
Guru menyajikan kejadian-kejadian atau
fenomena-fenomena yang memungkinkan siswa menemukan masalah
|
Siswa diajak mencari kejadian-kejadian atau
fenomena-fenomena yang memungkinkan siswa menemukan masalah
|
Tahap 2
Merumuskan masalah
|
Guru membimbing siswa merumuskan masalah berdasarkan
kejadian dan fenomena yang disajikan
|
siswa merumuskan masalah berdasarkan kejadian dan
fenomena yang disajikan
|
Tahap 3
Pemberian
tes/kuis
|
Guru memberikan tes/kuis kepada
setiap siswa secara individual sehingga akan diperoleh skor awal.
|
Siswa menjawab tes/kuis
|
Tahap 4
Pengelompokan
|
Guru membentuk beberapa kelompok.
Setiap kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda
(tinggi, sedang dan rendah).
Jika mungkin anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta kesetaraan jender. |
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan yang sudah di
kelompokkan oleh guru
|
Tahap 5
Diskusi
|
Materi yang telah dipersiapkan
didiskusikan dalam kelompok Selama
siswa bekerja, guru membimbing dan memfasilitasi.
|
Materi yang telah
dipersiapkan didiskusikan dalam kelompok
|
Tahap 6
Melakukan pengamatan dan
pengumpulan data
|
Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang
hal-hal yang penting dan membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data.
|
Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang
hal-hal yang penting dan membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data.
|
Tahap 7
Analisis Data
|
Guru membantu siswa menganalisis data supaya
menemukan sesuatu konsep.
|
Guru membantu siswa menganalisis data supaya
menemukan sesuatu konsep.
|
Tahap 8
Penarikan kesimpulan
|
Guru membimbing siswa mengambil kesimpulan
berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan.
|
Tahap 8
Penarikan kesimpulan
|
MODUL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
KELAS :
1
SEMESTER : 1
Standard
Kompetensi : Membaca
kalimat sederhana
Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat
dengan lafal yang tepat.
Sintaks / Skenario Pembelajaran :
Tahap
|
Pendidik
|
Peserta
Didik
|
Tahap 1
Observasi dalam menemukan masalah
|
Guru menyajikan kejadian-kejadian atau
fenomena-fenomena yang mengarahkan siswa dalam menemukan masalah
|
Siswa diajak mencari kejadian-kejadian atau
fenomena-fenomena yang mengarahkan siswa dalam menemukan masalah
|
Tahap 2
Merumuskan masalah
|
Guru membimbing siswa merumuskan masalah berdasarkan
kejadian dan fenomena yang disajikan
|
siswa merumuskan masalah berdasarkan kejadian dan
fenomena yang disajikan
|
Tahap 3
Pemberian tes/kuis
|
Guru memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara
individual sehingga akan diperoleh skor awal.
|
Siswa menjawab tes/kuis
|
Tahap 4
Pengelompokan
|
Guru membentuk beberapa kelompok. Setiap kelompok
terdiri dari 3 – 5 siswa
|
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan yang sudah di
kelompokkan oleh guru
|
Tahap 5
Diskusi
|
Materi yang telah dipersiapkan didiskusikan dalam
kelompok Selama siswa bekerja, guru
membimbing dan memfasilitasi.
|
Materi yang telah dipersiapkan didiskusikan dalam
kelompok
|
Tahap 6
Melakukan pengamatan dan pengumpulan data
|
Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang
hal-hal yang penting dan membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data.
|
Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang
hal-hal yang penting dan membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data.
|
Tahap 7
Analisis Data
|
Guru membantu siswa menganalisis data supaya
menemukan sesuatu konsep.
|
Guru membantu siswa menganalisis data supaya
menemukan sesuatu konsep.
|
Tahap 8
Penarikan kesimpulan
|
Guru membimbing siswa mengambil kesimpulan
berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan.
|
Tahap 8
Penarikan kesimpulan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar